The Thought of KH Ahmad Sanusi (1889-1950) in Da’wah and Education Paradigm

Asep Shodiqin

Abstract


KH Ahmad Sanusi adalah sosok yang memiliki karakter pemikiran yang unik. Dalam beberapa hal ia memiliki pemikiran yang berbeda dalam memandang praktek keagamaan, khususnya dalam koteks hegemoni pemikiran modernis maupun tradisionalis. Keterlibatan KH Ahmad Sanusi dalam perdebatan-perdebatan yang bersifat furu’iyyah baik dengan kalangan modern maupun dengan kalangan tradisional merupakan suatu bukti bahwa ia merupakan tokoh yang berpengaruh secara intelektual dalam persoalan agama. Permasalahan pokok yang dikaji dalam tulisan ini adalah karakter pemikiran keagamaan KH Ahmad Sanusi yang mengambil posisi tidak menerima sepenuhnya terhadap kalangan tradisionalis dan tidak pula berpihak secara sepenuhnya pada pandangan-pandangan kaum modernis, terutama fokusnya pada pemikiran dakwah dan pendidikan.

Kata kunci: Da’wah, Pendidikan, Tafsir.

 

KH Ahmad Sanusi is a figure who has a unique character of thought. In some ways he has different ideas in view of religious practice, especially in the hegemony of modernist and traditionalist hegemony. KH Ahmad Sanusi's involvement in furu'iyyah debates both with the modern and the traditional is a proof that he is an intellectually influential figure in religious matters. The main issue examined in this paper is the character of KH Ahmad Sanusi's religious thought which takes a position of not fully accepting the traditionalists and is not entirely aligned with the views of the modernists, especially its focus on da'wah and education.  

Keyword : Da’wah, Education, Tafseer


Keywords


Da’wah; Education; Tafseer;

Full Text:

PDF-English

References


Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Anwar, Rosihon, Dadang Darmawan, and Cucu Setiawan. “Kajian Kitab Tafsir Dalam Jaringan Pesantren Di Jawa Barat.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 1, no. 1 (February 2, 2016): 56–69. https://doi.org/10.15575/jw.v1i1.578.

Bruinessen, M. Van. Kitab Kuning, Pesantren, Dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1995.

Djumhur, I., and H. Danasuparta. Sejarah Pendidikan. Bandung: Penerbit Ilmu, 1974.

Ekajati, Edi S. Sejarah Pendidikan Daerah Jawa Barat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1998.

Falah, Miftahul. Riwayat Perjuangan K.H. Ahmad Sanusi. Sukabumi: Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat, 2009.

Iskandar, Mohammad. Kiyai Haji Ajengan Ahmad Sanusi. Jakarta: Pengurus besar Persatuan Ummat Islam (PUI), 1993.

Komarudin, Edi, Muhammad Nurhasan, Ice Sariyati, and Ihin Solihin. “Tafsir Qur’an Berbahasa Nusantara (Studi Historis Terhadap Tafsir Berbahasa Sunda, Jawa Dan Aceh).” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 15, no. 2 (May 23, 2019): 181–96. https://doi.org/10.15575/altsaqafa.v15i2.3821.

Kusdiana, Ading, Nina Herlina Lubis, Nurwadjah Ahmad EQ, and Mumuh Muhsin Z. “The Pesantren Networking in Priangan (1800-1945).” International Journal of Nusantara Islam 1, no. 2 (June 6, 2014): 118. https://doi.org/10.15575/ijni.v1i2.30.

Manshur, Fadlil Munawwar. “Ajaran Tasawuf Dalam Raudah Al-Irfan Fi Ma’rifatil Qur’an Karya Kiai Haji Ahmad Sanusi: Analisis Semiotika Dan Resepsi.” Universitas Gajah Mada, 1992.

Mawardi, Asep Mukhtar. “Haji Ahmad Sanusi Dan Kiprahnya Dalam Pergolakan Pemikiran Keislaman Dan Pergerakan Kebangsaan Sukabumi 1888-1959.” Universitas Diponegoro, 2011.

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Gaya Media Pratama, 2001.

Rohmana, Jajang A. “Al-Qur’ān Wa Al-Isti‘mār: Radd Al-Shaykh Al-Ḥajj Ahmad Sanusi (1888-1950) ‘alá Al-Isti“mār Min Khilāl Tafsīr Mal”ja’ Al-Ṭālibīn.” Studia Islamika 22, no. 2 (September 2, 2015). https://doi.org/10.15408/sdi.v22i2.1921.

Sanusi, Ahmad. Hidâyat Qulûb Al-Sibyân Fî Fadâ“il Sûrat Tabârak Al-Mulk Min Al-Qur”ân. Sukabumi: Masduki, 1936.

Septayuda, Tata. “KH Ahmad Sanusi Mufasir Sunda.” Rubrik Khazanah Majalah Gontor, 2009.

Sulasman. “Kyai Dan Pesantren Dalam Historiografi Islam Di Indonesia.” Historia Madania 1, no. 2 (2007).

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosyda Karya, 2014.

Taufik, M.Tata. Da’wah Era Digital. Kuningan: Pustaka Al-Ikhlas, 2013.

Wanta, S. KH Ahmad Sanusi Dan Perjoangannya. Majalengka: PB PUI [Pengurus Besar] Majelis Penyiaran Penerangan dan Dakwah, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.31291/jlk.v17i1.582

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF-English - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lantai 18, Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi
Jalan M.H. Thamrin No.6, Menteng, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Menteng,
Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340
Tlp/Fax: (021) 3920718
Handphone: +6281299366151
E-mail: jurnal.lektur@gmail.com


Creative Commons Licence
Jurnal Lektur Keagamaan by Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnallekturkeagamaan.kemenag.go.id/index.php/lektur.